Pengertian serta Keuntungan dan Kerugian Custom ROM

Pengertian serta Keuntungan dan Kerugian Custom ROM
Hasil HP Android yang telah di Custom ROM
Hallo sobat Mata Cyber kali ini saya akan share dengan topik pembahasan seputar Custom ROM di HP Android, sobat sudah tau kah apa itu custom rom?? atau sobat udah tau apa itu custom rom?? bagi yang belum tau atau sudah tau Apa itu Custom ROM di HP Androimari simak artikel ini sampai selesai yak :D hehe di artikel ini saya akan share Pengertian serta Kelebihan dan Kelemahan Custom ROM.

Langsung saja yak simak baik-baik artikel ini :) hehe Custom ROM adalah Sebuah Firmware yang sudah di develop oleh develop pihak ke-3 dengan maksud dan tujuan tertentu. Biasanya Custom ROM dimaksudkan dengan mengubah firmware asli dari vendor atau yang biasa disebut dengan Stock ROM. Tapi penerapan ini bukan hanya terdapat pada perangkat android saja melainkan pada beberapa jenis komputer ataupun handphone, tapi karena topik pembahasan di artikel ini tentang android maka yang kita kaitkan adalah mengenai android. 

Biasanya para develop pihak ketiga mengganti, Menghilangkan atau menghapus dan menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan dari vendor. Fungsi dari Custom ROM itu sangat menguntungkan,. Mari kita lihat beberapa keuntungan atau kelebihan dari Custom ROM beserta kerugian atau kelemahan dari Custom ROM itu sendiri.

Kelebihan (keuntungan) dari Custom ROM
  1. Memperbaiki fitur-fitur yang menjadi kelemahan vendor. Terkadangan fitur bawaan vendor kurang bagus misalnya pada fitur bawaan vendor kita diharuskan mengaktifkan jaringan internet dengan masuk ke Setting tetapi jika menggunakan Custom ROM hal ini dipermudah dengan menyediakan widget turn on/off di status bar.
  1. Mengubah tampilan android menjadi lebih menarik. Yang ini sangat sering dikeluh kesalkan oleh user android, karena tampilan Android dari vendor kurang menarik sebenarnya kita bisa menggunakan beberapa launcher yang memiliki tampilan UI yang lebih menarik tetapi tampilan pada launcher application tidak berfungsi sebagai tampilan utama artinya aplikasi launcher bukanlah tampilan home asli.
  1. Membuat pemakainya menjadi lebih Friendly. Terkadang sebuah stock ROM yang disediakan dari vendor tidak memberikan pelayanan yang begitu memuaskan, maka salah satu fungsi inilah yang menyebabkan adanya Custom ROM.
  1. Meningkatkan sedikit kemampuan sehingga performa Android menjadi lebih cepat. Apa sobat memiliki android yang lemot?, mungkin inilah jawabannya.
  1. Mengurangi beberapa Bug pada vendor. Terkadang bug pada stock ROM adalah hal yang paling kita kesalkan namun kehadiran Stock ROM memang sangat menguntungkan salah satunya untuk ini.
Kelemahan (kerugian) dari Custom ROM
  1. Menghilangkan garansi HP Android. Inilah yang harus sobat pikirkan kita harus benar-benar yakin akan resiko yang akan kita terima
  1. Memperpendek umur Android sobat. Kalau sobat sudah merasa kaya maka sobat boleh kok melakukannya.
  1. Kelebihannya dapat menjadi bug dalam waktu ke waktu. Tapi hal ini termasuk jarang terjadi. Ini termasuk kasus yang saya alami memang pertamanya banyak keunggulan tapi pada beberapa lama kemudian keunggulannya menjadi beberapa bug, apa sobat juga mengalaminya?.
  1. Fitur Update kualitasnya tidak terlalu baik. Fitur update tidak terlalu baik kualitasnya di bandingkan dengan ROM bawaan, coba saja fitur musik dan kameranya yang tidak begitu memuaskan walaupun update
  1. Fungsi beberapa bagian perngkat akan hilang. atau tidak bisa digunakan setelah anda menginstall beberapa jenis ROM yang dimodifikasi tersebut, tidak sebelum anda menggunakan firmware asli atau Stock ROM.
**Tips Cara Memilih Custom ROM yang Benar 
Sebenarnya mudah untuk memilih Custom ROM yang benar, setidaknya sobat harus sesering mungkin masuk forum tentang perihal android seperti forum XDA Developer untuk bertanya-tanya sama developnya dan mencari informasi tentang Custom ROM itu sendiri atau bisa juga dengan browsing di Internet seperti Google. sobat bisa memilih Custom ROM yang sesuai dengan handphone atau perangkat anda saat ini.

Perhatikan perangkat Android merk atau jenis apa serta menggunakan Andoid OS yang mana dan versi berapa. Pakailah Custom ROM stabil rilis, yang telah mendapat rekomendasi dari pengguna lain dan kontributor serta mempunyai fitur-fitur yang sebagian besar mensupport ponsel/ perangkat anda.

Sekian informasi yang dapat saya share di blog ini seputar android yang berjudul Pengertian Custom ROM beserta Keuntungan dan Kekurangan dari Custom ROM itu sendiri, jika artikel ini bermanfaat bagi sobat silahkan berkomentar di coment box yang ada di blog ini :)

1 Response to "Pengertian serta Keuntungan dan Kerugian Custom ROM"