Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Laptop Bekas sumber Google
Bagi yang memiliki budget berlebih tentu tidak terlalu repot ketika memilih laptop dengan spesifikasi tinggi. Namun, bagi mereka yang memiliki budget minim, memilih laptop yang tepat menjadi hal yang sangat penting. Beberapa orang bahkan cenderung untuk membeli laptop bekas. Meski memiliki beberapa resiko, namun Anda tak perlu terlalu khawatir ketika hendak membeli laptop bekas selama Anda benar-benar jeli dan teliti dalam memilih. Nah di artikel ini saya akan share Hal yang perlu diperhatikan saat membeli Laptop Bekas supaya tidak kecewa ketika sudah dibeli :D hehehe Hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika membeli Laptop Bekas ?? mari kita simak artikel ini :)

1. Kondisi fisik
Secara kasat mata, kondisi fisik laptop dapat menjadi tolok ukur bagaimana perlakukan yang dilakukan terhadap laptop bekas yang hendak Anda beli. Jika laptop tersebut benar-benar dirawat dengan baik, kondisi fisiknya seharusnya juga masih terlihat baik. Periksa secara teliti kondisi casis-nya. Barangkali Anda akan menemukan beberapa goresan pada casis laptop tersebut. Sekali lagi periksa dengan teliti untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.

2. Layar
Salah satu komponen laptop yang harganya paling mahal adalah layar LCD. Oleh sebab itu, periksa secara detail kondisi layar laptop yang Anda pilih. Pastikan LCD masih bekerja dengan baik. Perhatikan bagian pojok layar. Layar yang bermasalah biasanya agak redup di bagian pojok. Cobalah untuk mengubah sudut layar dengan menekuk laptop beberapa derajat. Pastikan layar tetap bekerja dengan baik.

3. Touchpad dan Keyboard
Jika Anda malas membawa-bawa mouse, touchpad bisa menjadi pengganti terbaik. Periksa kinerja touchpad dengan meletakkan jari Anda diatasnya. Gerakkan kursor ke beberapa arah serta lakukan beberapa perintah. Selain touchpad, keyboard juga merupakan elemen paling penting dari sebuah laptop. Pastikan semua tombol masih berfungsi dengan baik karna semua tombol keyboard memiliki peranan yang sama pentingnya.

4. Baterai
Kebanyakan laptop bekas mempunyai baterai yang cukup lemah. Dalam hal ini Anda juga harus paham betul kebutuhan Anda akan laptop tersebut. Jika Anda menggunakan laptop untuk bekerja di rumah/kantor Anda bisa menggunakan daya listrik melalui charger. Lain halnya jika Anda sering bekerja di tempat yang tidak memiliki stop kontak. Anda harus mempertimbangkan untuk membeli spare part baterai baru.

5. Spare part
Sebaiknya memilih laptop dengan spare part yang mudah dicari. Jika dikemudian hari laptop Anda mengalami masalah dan harus mengganti salah satu komponen, Anda akan tenang karna komponen tersebut mudah ditemukan di pasaran sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menggantinya.

6. Pastikan Semua Aplikasi Berjalan Dengan Baik
Aplikasi yang paling penting dari sebuah laptop adalah sistem operasi. Jadi perhatikan benar kinerja sistem operasinya. Jangan sungkan untuk meminta penjual melakukan install ulang sistem operasi jika benar-benar bermasalah.

7. Garansi
Laptop bekas mungkin sudah tidak mendapat garansi resmi dari pabrik pembuatnya. Namun setidaknya, Anda harus menanyakan garansi dari toko penjual. Penjual laptop bekas biasanya memberikan garansi berupa service gratis. Beberapa juga memberikan garansi replacement. Jadi, jelilah dalam memilih toko.

Nah begitulah Hal yang perlu diperhatikan saat membeli Laptop Bekas semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah Informasi bagi sobat yang mau beli Laptop Bekas supaya gak tertipu dengan tampilannya yang bagus tetapi barangnya jelek :D hehe. Semoga Bermanfaat ya sob :) jangan lupa komentarnya tak tunguu loh :v hahaha