Konsep Sistem Operasi Jaringan

Konsep Sistem Operasi Jaringan Pengertian Rangkuman

Konsep Sistem Operasi Jaringan - Setelah lama saya jarang update artikel dikarenakan kesibukan di dunia nyata, pada hari minggu ini saya akan share artikel yang berhubungan dengan Sistem operasi, ok langsung saja yak simak secara lengkap penjelasan Konsep Sistem Operasi Jaringan di artikel ini :). Apa itu Sistem Operasi ?? Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna computer dengan perangkat keras komputer.

Konsep Sistem Operasi Jaringan

Pengertian sistem operasi secara umum adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (Web, FTP, DNS, dan lain-lain) untuk memudahkan dan memberi kenyamanan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sistem operasi jaringan atau sistem operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan system operasi komputer stand alone, bedanya hanya pada sistem operasi jaringan, salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer lainnya. Di dalam Jaringan komputer terdiri dari:
  • Komputer Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan.
  • Komputer Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.

Fungsi Sistem Operasi Dalam Jaringan 

Fungsinya adalah untuk mengelola sumber daya dirinya sendiri dan juga untuk mengelola sumber daya komputer lain yang tergabung dalam jaringan. Sistem operasi harus diinstal ke dalam komputer agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam instalasi sistem operasi jaringan terdapat beberapa mode pilihan yang disediakan yaitu berupa mode text dan mode grafik

Instalasi sistem operasi berbasis text merupakan salah satu mode instalasi sistem operasi komputer dengan tampilan text. Mode text digunakan jika spesifikasi hardware komputer yang akan diinstal mempunyai spesifikasi yang rendah. 

Metode instalasi berbasis text akan mempercepat proses instalasi. Metode instalasi sistem operasi berbasis text sering digunakan untuk mempercepat proses instalasi walaupun dengan tampilan yang kurang menyenangkan. Biasanya untuk spesifikasi komputer yang sederhana dibanding dengan sistem operasinya akan menggunakan metode berbasis text. 

Sistem operasi komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik untuk keperluan stand alone maupun jaringan. Ada banyak sistem operasi komputer yang dapat digunakan dalam sebuah komputer baik stand alone maupun jaringan diantaranya adalah Microsoft Windows Series (Win 98, Win ME, Win 2000, Win XP, Win NT, Win 7, Win 8), Unix, Sun Solaris, Linux Series (Redhat, Debian, SUSE, Ubuntu, fedora), Mac, dsb.

Masing-masing system operasi memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga diperlukan analisis dalam memilih sistem operasi mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Rangkuman Penjelasan Konsep Sistem Operasi Jaringan
Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna computer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (Web, FTP, DNS, dan lain-lain) untuk memudahkan dan memberi kenyamanan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sekian artikel Konsep Sistem Operasi Jaringan yang dapat saya share di blog ini, walau artikelnya gak begitu bermanfaat tapi tak apalah cuma sekedar berbagi pengetahuan informasi :D Sampai bertemu di artikel selanjutnya :)

Jangan lupa baca juga artikel Rekomendasi untuk Cloud Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia