Tipe Data dan Variabel Pada Pascal

tipedatadanvariabelpascal

Tipe Data dan Variabel Pada Pascal - Tipe Data ?? Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel, umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang terstruktur. Apabila kita membutuhkan tipe data yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang disebut enumerated type.

Setiap data yang ada pada program pascal memiliki tipe data, baik berupa angka bulat (integer), angka biasa (real), atau berupa karakter (char),(String) dan sebagainya.

Jenis - Jenis data yang di kenal dalam Bahasa Pascal yaitu :
  • Tipe Data Sederhana
  • Tipe Data Terstruktur
Tipe Data Sederhana :

1.Bilangan bulat ( integer )

Tipe data ini menerima angka dan bisa dilakukan proses aritmatika. Tipe data ini adalah tipe data bilangan bulat, yaitu Bilangan atau angka yang tidak memiliki titik desimal atau pecahan.
Contoh : 
Program display_maxint;uses wincrt;
begin writeln (maxint)
end.
Hasilnya: 32.767

2. Bilangan biasa ( real )

Bilangan atau angka yang bisa memiliki titik desimal atau pecahan, Tipe data ini menerima angka dan koma serta bisa dilakukan proses aritmatika.
Contoh :
a' 'B' '+', dsb.  

3. Boolean

Boolean adalah tipe data yang hanya mempunyai dua kemungkinan, yaitu true dan false. Biasanya digunakan untuk operasi logika dengan ungkapan AND, OR, atau NOT
Contoh :
Program display_bool;uses wincrt;
begin writeln(ord(true));
writeln(ord(false));
end.
Hasilnya: 1 0 3.2.

4. Karakter ( char )

Karakter adalah data tunggal yang mewakili semua huruf, simbol baca, dan juga simbol angka yang tidak dapat dioprasikan secara matematis, misalnya: ’A’, ’B’, .....,’Z’, ’?’,’!’, dst. Tipe data ini adalah tipe data yang menerima kumpulan karakter (huruf, angka, symbol) tipe data ini tidak bisa dilakukan proses aritmatika.

2. String

String adalah tipe data bentukan yang merupakan deretan karakter yang membentuk satu kata atau satu kalimat, yang biasanya diapit oleh dua tanda kutip. Tipe data yang menerima kumpulan karakter (huruf, angka, symbol) tipe data ini tidak bisa dilakukan proses aritmatika

Tipe Data Terstruktur

1. Array

Array atau lark adalah tipe terstruktur yang mempunyai komonen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama. Posisi masing-masing komponen dalam array dinyatakan sebagi nomor index.
Contoh:
Type
     Tipe_saya=array[1..100] of integer
Var
     Var_baru   : tipe_saya;

2. Record

Definisi Record hampir sama dengan Array, tetapi yang membedakan antara keduanya adalah kalau Array semua komponennya bertipe data yang sama sedangkan Record setiap komponennya bisa bertipe data yang beda-beda.
Contoh:
TYPE my_rec = RECORD
   Nama : STRING[90]; Npm  : STRING[ 8] ;
     Nilai : REAL;
END;
VAR
   Data nya    : my re c;

3. Set

Himpunan (set) adalah kumpulan obyek yang mempunyai tipe data yang sama dan urutan penulisannya tidak diperhatikan. Setiap obyek dalam suatu himpunan disebut dengan anggota atau elemen himpunan.
Contoh:
TYPE irama = (JAZZ, POP, ROCK ,DANGDUT, SKA);
      Musik = SET OF irama;
VAR
     Jenis musik : Musik;

4. File

File (Berkas) adalah kumpulan sejumlah komponen yang bertipe data sama, yang jumlahnya tidak tertentu, dan biasanya tersimpan dalam suatu media penyimpan luar

TIPE DATA PENUNJUK

Pointer

Tipe data pointer merupakan tipe data yang berbeda dengan yang lainnya. Semua tipe data yang lainnya bersifat STATIS sedangkan tipe Pointer bersifat DINAMIS. Tipe ini merupakan tipe data untuk suatu variabel, dimana isi variabel ini berupa alamat variabel lain, dalam artian variabel pointer adalah variabel yang menunjuk nilai atau alamat variabel lainnya.

VARIABEL PADA PROGRAM PASCAL

Variabel adalah nama yang mewakili suatu elemen data. Ada aturan tertentu yang wajib diikuti dalam pemberian nama variable, antara lain :
  • Harus dimulai dengan abjad, tidak boleh dengan angka atau symbol.
  • Tidak boleh ada spasi diantaranya
  • Jangan menggunakan simbol yang bisa membingungkan seperti titik dua, titik koma, koma, dan sebagainya.
  • Sebaiknya memiliki arti yang sesuai denagn elemen data.
  • Sebaiknya tidak terlalu panjang.
Contoh variabel yang benar : Nama, Alamat, Kode_Jurusan;
Contoh variabel yang salah : 7XVK,Nilai x, Var;=xy,77;