Pengertian dan Produk Optical Disk

pengertiandanprodukopticaldisk
Contoh Optical Disk

Optical Disk

Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Optical disk pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Kemudian teknologi ini dipatenkan beberapa tahun kemudian. Perkembangan berikutnya, ditemukan teknologi optical media untuk data video dalm laser disc yang dikeluarkan oleh philips, pada tahun 1978. Pada tahun 1980, Philips dan sony mengembangkan CD (Compact Disk),berlanjut setelah itu, audio compact disc (CD) dikeluarkan sony pada tahun 1983.

Optical Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar.
  • Dapat membaca lebih cepat

Produk - Produk Optical Disk :

  1. CD : Compact Disk, Suatu disk yang tidak dapat dihapus yang menyimpan informasi audio yang telah di digitasi. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa terhenti.
  2. CD-ROM : Compact Disk Read-Only Memori, Disk yang tidak dapat dihapus untuk menyimpan data computer. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat menampung lebih dari 500 Mbyte.
  3. CD-R : Compact Disk Recordables, Merupakan CD untuk pengguna khusus biasanya untuk master CD dan photo CD, Lapisan reflektif terbuat dari emas sehingga berwarna kuning. Kapasitas sama dengan CD lainnya.
  4. CD-RW : Digitak Vidio Rewritables, Merupakan generasi CD yang dapat ditulis berulang kali namun belum popular saat ini karena masih relative mahal.
  5. DVD  : Digital Vesatile Disk, Salah satu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil, spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 4,7GB untuk sisi tunggal dan berlapis tunggal laser optis yang digunakan adalah laser merah yang dapat berukuran lebih kecil dari CD biasa kualitas yang dihasilkan juga lebih baik dari CD model lain.
Nah cukup sekian Pengertian singkat dari Optical Disk serta produk-produknya, semoga dapat membantu agan dalam mencari informasi tentang Pengertian dan Produk Optical Disk. Sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya.

Sobat bisa cari artikel lain yang berhubungan dengan alat penyimpanan data pada komputer di bawah ini :

6 Responses to "Pengertian dan Produk Optical Disk"

  1. oh, jadi itu toh pengertian optical disk. Thanks udah berbagi.

    ReplyDelete
  2. wah penjelasanya lengkap banget gan (y) , mkasih buat pengetahuan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama - sama thanks juga udah mampir :D

      Delete
  3. CD ma DVD enak DVD bisa di burn ulang :v

    ReplyDelete
  4. penjelasannya super jelas gan nice post ;)

    ReplyDelete